ASAS-ASAS HUKUM

ASAS-ASAS HUKUM

Oleh:

Dalinama Telaumbanua

 

Asas-asas hukum ialah prinsip-prinsip yang dianggap dasar atau fundamen hukum. Asas-asas ini juga dapat disebut juga pengertian-pengertian dan nilai-nilai yang menjadi titik tolak berpikir tentang hukum dalam hal ini pembentukan Undang-Undang dan interprestasi Undang-Undang tersebut. Azas hukum ini berbeda dengan asal atau sumber hukum.

Sejak zaman dulu, orang-orang berkeyakinan bahwa manusia tidak dapat membentuk Undang-Undang dengan sewenang-wenang saja, akan tetapi ada prinsip-prinsip tertentu yang lebih tinggi daripada hukum yang ditentukan manusia.

Ada dua jenis asas-asas hukum yaitu azas hukum objektif dan asas hukum subjektif. Azas hukum objektif adalah prinsip-prinsip yang menjadi dasar bagi pembentukan peraturan-peraturan hukum. Ada yang yang dikenal dengan azas hukum objektif yang bersifat moral dalam hal ini prinsip-prinsip tersebut telah ada pada para pemikir zaman klasik dan abd pertengahan. Serta ada yang dikenal dengan asas-asas hukum objektif yang bersifat rasional yaitu prinsip-prinsip yang termasuk pengertian hukum dan aturan hidup bersama yang rasioanal. Prinsip-prinsip ini juga telah diterima sejak dahulu, akan tetapi baru diungkapkan secara nyata sejak mulainya zaman modern, yakni sejak timbulnya Negara-negara nasional dan hukum yang dibuat oleh kaum yuris secara professional.

Asas-asas hukum subjektif adalah prinsip-prinsip yang menyatakan kedudukan subjek berhubungan dengan hukum. Azas hukum ini bersifat moral dan rasional yaitu hak-hak yang ada pada manusia dan yang menjadi titik tolak pembentukan hukum. Perkembangan hukum paling nampak pada bidang azas hukum subjektif ini.

Asas-asas hukum rasional pada umumnya dianggap bertalian dengan suatu aturan hidup bersama yang masuk akal, dan karenanya diterima sebagai titik tolak bagi pembentukan suatu tata hukum yang baik. Sedangkan asas-asas hukum moral lebih-lebih dipandang sebagai unsur idiil, yang belum tentu dapat diwujudkan dalam tata hukum yang direncanakan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s